Kualifikasi Euro 2020: Portugal Ditahan Imbang Ukraina Tanpa Gol

portugal ditahan ukraina tanpa gol

topmetro.news – Hasil tak mengenakkan dialami Timnas Portugal, diawal babak kualifikasi Piala Eropa 2020, Portugal ditahan imbang Ukraina tanpa gol berlangsung, pada Sabtu (23/03/2019) dini hari WIB. skuat besutan Fernando Santos tersebut hanya mampu bermain imbang 0-0.

Ini adalah laga pertama Cristiano Ronaldo di pentas internasional pasca mengalami kegagalan pada ajang Piala Dunia 2018 lalu. Seperti yang diketahui, ia menolak serangkaian panggilan lantaran tengah fokus dalam proses adaptasi dengan klub barunya, Juventus.

Peraih lima Ballon d’Or tersebut melakukan berbagai upaya untuk mengantar Portugal meraih kemenangan. Sayangnya, performa apik kiper Ukraina, Andriy Pyatov, membuat gawang Ukraina bebas dari gol-gol Portugal.

Portugal mendapatkan perlawanan yang cukup sengit dari Ukraina di laga kali ini. Peluang pun baru benar-benar terjadi pada menit ke-16 melalui kaki Pepe, yang melepaskan tembakan kaki kiri ke gawang Portugal. Sayang masih bisa diselamatkan oleh sang kiper, Andriy Pyatov.

Gawang Ukraina bergetar. William Carvalho berhasil mencetak gol untuk Portugal di menit ke-17. Namun hakim garis masih cukup jeli dalam melihat posisi pemain Real Betis itu yang telah terjebak offside, sehingga gol pun dinyatakan tidak sah. Skor masih 0-0.

Cristiano Ronaldo mendapat dua peluang emas dalam rentang waktu empat menit saja. Pada menit ke-24, tembakan mendatar Ronaldo masih bisa diselamatkan oleh Pyatov. Kiper Shakhtar Donetsk itu lalu kembali menahan gempuran Ronaldo pada menit ke-28.

Portugal masih mendominasi babak pertama. Namun karena ketatnya pertahanan Ukraina, gol pun urung tercipta. Skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Pyatov membuktikan kualitasnya dengan menahan gempuran serangan Portugal, dan kembali mengulanginya pada menit ke-57. Peluang datang dari Andre Silva yang melepas tembakan dari sudut kotak penalti, namun Pyatov cukup sigap untuk menghalaunya.

Portugal tampak mendominasi permainan. Hingga menit ke-70, penguasaan bola mereka telah mencapai 58 persen. Bahkan mereka juga berhasil melepaskan enam tembakan yang dua di antaranya berhasil menemui sasaran. Hanya saja, belum ada gol yang tercipta.

Di tengah dominasi tersebut, Ukraina sempat menebar ancaman pada menit ke-86. Yevhen Konopyanka sempat membuat pendukung tuan rumah terhenyak setelah tembakan dari jarak jauhnya berhasil ditahan oleh Rui Patricio!

Bola yang lepas lalu coba disambar oleh Junior Moraes, yang baru masuk pada menit ke-76. Namun Ruben Dias berhasil membaca pola pikir pemain Ukraina tersebut dan berhasil menjauhkan bola dari kakinya! Bola keluar dan menghasilkan sepak pojok untuk Ukraina.

Drama sempat terjadi pada menit-menit akhir, tepatnya setelah Dyego Sousa terjatuh di kotak terlarang Ukraina. Para pemain Portugal menuntut wasit menunjuk titik putih, ia tak melihatnya sebagai pelanggaran. Alhasil, skor imbang 0-0 pun bertahan hingga akhir pertandingan Portugal Ditahan Imbang Ukraina.(TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment